Just A Life Journey of A Girl

Just A Life Journey of A Girl

A Life Learner

Semoga,,kehadiranku disini,,dapat sedikit menjadi pewarna dalam hidupmu,,walau hanya setitik...

Senin, 19 September 2011

ILMU atau Harta @salimafillah

Islamedia - 1. Shalih(in+at), mari mengawali Senin pagi yang diberkahi dengan semangat untuk mengalihbentuk sebagian kekayaan, dari #harta menuju #Ilmu.

2. Sebab keutamaan #Ilmu di atas #harta, telah disebutkan 'Ali ibn Abi Thalib dengan begitu indahnya. Mari kita sebut & tambahkan beberapa.

3. #Ilmu afdhal daripada #harta, sebab ia warisan Rasul & Anbiya', sementara emas-perak-permata, dilungsurkan Fir'aun, Qarun, & raja-raja.

4. #Ilmu lebih utama dibanding #harta, sebab ilmu menjaga pemiliknya, sementara pemilik harta bersusah payah menjaga kekayaannya.

5. #Ilmu lebih hebat daripada #harta. Jika ilmu menguasai harta, jadi mulialah keduanya. Jika harta menguasai ilmu, kan terhinalah keduanya.

6. #Ilmu lebih agung dibanding #harta, sebab kekayaan akan berkurang jika dibelanjakan, sementara pengetahuan bertambah jika dibagi-bagi.

7. #Ilmu lebih setia daripada #harta. Ilmu menyertai pemiliknya menuju kematian & kebangkitan. Tapi harta tak mau serta & tetap di dunia.

8. Pemilik #Ilmu terhormat & dibutuhkan semua insan; dari jelata hingga para raja. #Harta hanya berguna, di hadapan hajat faqir & miskin.

9. Bagi pemilik #harta, alangkah banyak musuh yang jahat & kawan tak tulus. Sementara pemilik #Ilmu, akan banyak saudara & sedikit lawannya.

10. Pemilik #harta hanya digelari yang baik-baik jika membagi kekayaannya. Pemilik #Ilmu, digelari yang baik-baik sejak berburu pengetahuan.

11. Tamak terhadap #Ilmu, membuat mulia di depan guru, kawan, & lawan. Tamak terhadap #harta, menjijikkan di mata orang miskin maupun kaya.

12. Di akhirat kelak, pemilik #harta akan rumit urusan sebab berbelitnya hisab, sementara pemilik #Ilmu akan mendapat kemudahan & syafa'at.

13. Keagungan pemilik #harta ada pada kekayaan yang terletak di luar dirinya. Kemuliaan pemilik #Ilmu ada pada pengetahuan yang menyatu.

14. Musuh #Musa yang ber-#harta; Fir’aun, jatuh karena sombong-mengaku tuhan. Kawan Musa yang ber-#Ilmu; Khidzir, rendah hati-mengaku hamba.

15. Semua ibadah & ketaatan pada Allah, dilakukan dengan #Ilmu. Tapi umumnya kemaksiatan keji & munkar, dilakukan dengan #harta.

16. Sulit menemukan kemaksiatan yang ditujukan untuk memperoleh #Ilmu. Bertabur banyaknya kedurhakaan yang ditujukan untuk mendapat #harta.

17. #Harta membawa kesedihan sebelum mendapatkannya, memberi ketakutan setelah memperolehnya. #Ilmu itu kegembiraan & keamanan, kapanpun.

18. Mencintai #Ilmu, punya maupun tidak, adalah mataair kebajikan. Mencintai #harta, baik memilikinya ataupun papa, adalah sumber keburukan.

19. Adam diciptakan, lalu dia dibekali #Ilmu -bukan #harta-, yang membuatnya unggul di hadapan para malaikat. (QS 2: 31-34)

20. Rabb menurunkah wahyu pertama terkait #Ilmu (QS 96: 1-5). Allah memerintahkan Dia ditauhidkan dengan ilmu (QS 47: 19). Bukan #harta.

21. #Harta hanya bisa mulia & membawa ke surga jika dibersamai #Ilmu. Ilmu tak harus disertai harta untuk itu. (Simpulan, HR Ath Thabrani)

22. Orang ber-#harta & ber-#ilmu yang berinfaq, pahala-nya SAMA DENGAN orang berilmu yang baru bercita untuk itu. (Simpulan HR Ath Thabrani)

23. #Ilmu #harta. HR Ath Thabrani yang tersimpul di nomor 21-22, berbunyi sbb: ~>

24. "Terbagi hamba-hamba Allah itu menjadi 4 golongan. Golongan pertama, dikaruniai Allah #Ilmu & #harta. Maka dia bertaqwa kepada Allah…

25. …Dan menafkahkan hartanya di jalan Allah. Golongan kedua; diberi Allah #Ilmu, namun tak dilimpahi #harta. Maka dia bertaqwa padaNya…

26. …& selalu berkata pada dirinya, "Andai dikarunia seperti hamba pertama, aku akan berbuat sebagaimana yang dia lakukan"… #Harta #Ilmu

27. …Sesungguhnya pahala kedua orang ini SAMA. Hamba ketiga; diberi #harta tanpa beroleh #Ilmu. Maka dia tak bertaqwa padaNya, berbuat…

28. …sia-sia & dosa. Hamba keempat, tak ber-#harta & tak ber-#ilmu, maka dia tak bertaqwa & selalu berkata pada dirinya; "Andai aku…

29. …diberi harta seperti hamba ke-3, aku juga akan melakukan hal sia & kemaksiatan seperti dia." Dosa kedua orang ini SAMA." #Ilmu #harta

30. Demikian sekelumit di pagi ini. Sungguh Salim tak hendak mengajak benci #harta; tapi mari sedikit-banyak mengalihbentuknya jadi #Ilmu :)

Pagi ini, mari menjadi ahli #Ilmu; yang bisa bedakan nasehat dengan ghibah, yang bisa memilah antara melakukan perbaikan dengan olok-olok:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar